TUTORIAL MENYETING KARBURASI SEPEDA MOTOR

TUTORIAL MENYETING KARBURASI SEPEDA MOTOR– Karburasi adalah alat yang digunakan sebagai pengabut atau tempat mencampurkan bensin kedalam udara yang menuju kemesin.

Cara kerja karburasi sendiri yaitu dengan sistem vakum. Namun, karburasi yang bekerja secara konvensional ini perlu melakukan penyetelan untuk menjaga idle RPM tetap stabil dan ideal yaitu tetap seimbang antara power yang dihasilkan dengan konsumsi bahan bakar.

 

Berikut adalah cara kerja karburasi sepeda motor:

TUTORIAL MENYETING KARBURASI SEPEDA MOTOR
TUTORIAL MENYETING KARBURASI SEPEDA MOTOR

 

Karburasi akan bekerja ketika mesin masih mati disaat kran bensi dari tanki dibuka. Hal itu akan menyebabkan bensin turun dari tangki mesuk ke mangkuk karbu hingga jarum pelampung membekam saluran bensin.

 

1. Saat Mesin Idle

Ketika mesin dalam putaran idle atau kondisi skep masih tertutup, akan ada aliran udara dari filter masuk ke air pilot. Disisi lain, hisapan dari piston juga membuat bahan bakar dari mangkuk karbu naik melalui slow jet/pilot jet.

 

Bensin dari pilot jet bertemu dengan udara di saluran air pilot, sehingga output dari saluran idle ini sudah berupa campuran bensin dan bahan bakar.

 

Jika kita aktifkan sistem choke maka udara yang masuk ke pilot jet akan tertahan sehingga hisapan mesin akan lebih banyak mengangkat bensin dari mangkuk karbu, hal itu membuat campuran bensin akan lebih banyak.

 

2. Ketika gas ditarik

Ketika gas kita tarik otomatis skep terangkat. Sehingga saluran udara dari filter bisa masuk ke venturi.

Selainitu karena skep terangkat jarum needle juga terangkat, hal tersebut membuat needle valve lebih terbuka lebar. Sehingga akan ada aliran udara dari filter masuk ke venturi, dan secara otomatis bensin terangkat kedalam venturi melalui main jet.

 

Venturi sendiri memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan udara melalui peningkatan kecepatan aliran.

Sehingga tekanan di dalam venturi lebih kecil dibandingkan tekanan dalam ruang pelampung, hal tersebut menyebabkan bensin naik kearah venturi dengan bentuk rintik-rintik karena desain main jet.

TUTORIAL MENYETING KARBURASI SEPEDA MOTOR
TUTORIAL MENYETING KARBURASI SEPEDA MOTOR

 

Gambar disamping adalah tugas dari needle jet, desain needle jet adalah seperti jarum dengan ujung lancip dan bentuk tirus.

Bentuk tirus ini membuat needle valve bisa menetukan kerapatan suatu saluran.

 

Dalam sistem karbu ujung lancip needle diletakan mengarah ke main jet hal tersebut membuat suplai bensin juga bertambah seiring ditariknya kabel gas.

 

Pada waktu yang bagaimanakah kita bisa melakukan penyetelan karburasi ?

 

Oke, tidak mungkin kita melakukan penyetelan ulang karborasi sedangkan karburasi kita masih terasa normal,

karena untuk penyetelan karburasi sendiri tidak ada batasan waktu dan ketentuan waktu tertentu, tetapi akan lebih baik jika pengecekan (service) tetap dilakukan setiap 1 bulan atau 2 bulan sekali.

 

Tetapi jika sebelum 1 bulan atau 2 bulan sepeda motor anda sudah mengalami ciri-ciri seperti dibawah ini, maka wajib bagi kalian untuk mengecek (menservice) karburasi sepeda motor anda.

 

Ciri-ciri sepeda motor yang harus dilakukan penyetelan karburasi:

 

  1. Mesin susah dihidupkan, ketika motor anda susah dihidupkan yang pertama harus di cek terlebih dahulu yaitu busi, jika busi tidak ada masalah bisa jadi itu adalah karburasinya yang error.

 

  1. Busi motor basah, ini merupakan tanda bahwa busi itu mati, busi yang mati ini bisa juga disebabkan karena pengaruh dari campuran bensin yang tidak ideal. Jadi biasakan melakukan setting karburasi seusai mengganti busi.

 

  1. Tenaga mesin berkurang, gejala ini dikarenakan suplai angin dikarburasi terganggu akibat adanya kotoran yang menggumpal. Dengan melakukan penyetelan kita juga bisa memaksa kotoran tersebut untuk keluar.

 

  1. Mesin brebet di RPM rendah, mesin yang mengalami gejala seperti ini dikarenakan angin yang tidak tepat pada karburasi, maka harus dilakukan penyetelan ulang untuk mendapatkan angin yang tepat untuk karburasi.

 

Setelah kalian tahu ciri-ciri motor yang harus dilakukan penyetelan karburasi, kalian juga harus tahu dua sekrup penyetel pada karburasi.

TUTORIAL MENYETING KARBURASI SEPEDA MOTOR
TUTORIAL MENYETING KARBURASI SEPEDA MOTOR

Ada dua sekrup karburasi, yitu sekrup penyetel udara dan sekrup penyetel gas.

penyetel gas terletak lurus dengan venturi atau kawat gas, sementara penyetel angin bisa terletak di depan atau belakang sekrup penyetel gas.

 

Cara kerja sekrup pengatur gas yaitu mendorong venturi yang permukaannya miring.

Sehingga kalau sekrup ini dikencangkan (diputar ke kanan) maka ujung sekrup akan semakin mendorong ketup gas dan akibatnya ketup gas membuka.

 

Sementara pada sekrup penyetel udara, bekerja dengan menutup saluran idle. Ketika kita kencangkan sekrup ini (putar ke kanan) akibatnya saluran idle menjadi semakin tertutup dan udara yang mengalir itu akan lebih sedikit.

 

Alat yang dibutuhkan hanyalah sebuah obeng untuk menyetel kedua sekrup tersebut.

 

Lalu bagaimana tutorial menyeting karburasi sepeda motor ? silahkan simak ulasan dibawah ini

 

  1. Hidupkan Mesin

 

Untuk menyetel karburasi yang pertama kita lakukan adalah menghidupkan mesin terlebih dahulu, karena penyetelan karburasi harus dilakukan saat karburasi itu bekerja.

 

2. Putar Sekrup Penyetel Gas Kearah Kanan

TUTORIAL MENYETING KARBURASI SEPEDA MOTOR
TUTORIAL MENYETING KARBURASI SEPEDA MOTOR

Putar sekrup penyetel gas kekanan atau searah jarum jam, maka otomatis sekrup gas akan semakin masuk kedalam karbu dan akan menekan katup gas yang berbentuk trapesium. Akibatnya katup gas semakin terbuka dan RPM semakin tinggi.

Dalam proses ini, jangan terlalu banyak cukup satu setengah hingga dua putaran saja.

 

3. Tutup Sekrup Angin

Setelah RPM naik hingga diatas 1.500 RPM, lalu anda tutup sekrup penyetel angin dengan memutarnya kearah kanan (searah jarum jam). Dengan memutarnya kekanan, anda menutup saluran udara menuju mesin.

 

Saat saluran ini tertutup maka RPM mesin akan berkurang dan mesin agak brebet karena udara yang masuk ke mesin itu berkurang, hentikan pemutaran sebelum mesin motor mati.

4. Buka Sekrup Angin Sampai RPM Tertinggi

 

Putar sekerup penyetel udara kearah kiri atau arah membuka. Proses ini akan membuka saluran udara yang sebelumnya kita tutup. Sehingga RPM akan berangsur naik.

 

Gunakan feeling anda untuk menentukan dititik manakah RPM tertinggi, misal 2,5 putaran namun RPM masih berangsur naik maka lanjutkan, ketika di putaran 2,6 sudah mencapai RPM tertinggi, maka di RPM 2,7 keatas tidak ada lagi penambahan RPM. Sehingga RPM tertinggi ada di putaran 2,6.

 

5. Turunkan Setelan Gas

Apabila sekrup penyetel udara sudah diset secara benar kita tinggal mengatur idle RPM dengan melakukan penyetelan sekrup gas dengan memutar arah sebaliknya yaitu kearah balik jarum jam hingga mencapai idle RPM yang diinginkan.

 

Putar sekrup ini hingga RPM mencapai sekitar 900 hingga 1000. RPM ini ditenggarai sebagai idle RPM standar untuk motor.

 

Untuk mengetes sepeda motor anda, matikan terlebih dahulu mesin motor anda kemudian nyalakan lagi mesin motor anda.

 

Jika sepeda motor masih susah untuk menyala, atau bahkan brebet maka anda perlu memeriksa komponen yang lainnya, semisal busi dll.

Baca Juga : Tips mengobati mata minus

Untuk motor matic sendiri, jika motor matic tersebut masih menggunakan karburasi, maka prosesnya juga sama dengan tutorial di atas.

 

baca juga : Tips memodifikasi sepeda motor

Tinggalkan komentar