Tips Modifikasi Body Motor dengan Fiberglass

Modifikasi Body Motor  – Apakah teman – teman tahu apa itu fiberglass ? kok bisa buat bodykit sepeda motor dengan fiberglass? Oke, sekarang kita pelajari dulu apa itu fiberglass ? fiberglass merupakan kaca serat atau sering di terjemahkan menjadi serat gelas adalah kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis dengan garis tengah sekitar 0,005 mm – 0,01 mm.

 

Modifikasi Body Motor

 

Serat ini juga dapat dipintal menjadi benang, apabila di tenun bisa juga menjadi kain, yang kemudian jika diresapi dengan resin, fiberglass ini akan menjadi kuat dan tahan korosi yang biasanya banyak digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal.

 

Komponen pada fiberglass meliputi:

  1. Resin

Resin merupakan bahan utama dalam pembuatan aneka barang dari resin/fiberglass, fungsi dari resin sendiri yaitu:

  • Hiasan
  • Lem
  • Sebagai bahan pengganti plastik/kaca/mika/akrilic, dll.

 

  1. Katalis

Katalis merupakan bahan aktif untuk mempercepat reaksi pengerasan resin, apabila penggunaan katalis terlalu sedikit, waktu pengerasan resin pun akan semakin lama, jika terlalu banyak penggunaan katalis ke adonan resin akan menyebabkan adonan tersebut lengket.

 

Jadi gunakan katalis sesuai takaran yang pas, jika Anda belum pernah mencoba labih baik gunakan katalis sedikit saja jangan menggunakannya sekaligus, lebih baik lama kering daripada adonan Anda lengket.

 

  1. Fiber (matt)

Fiber (matt) merupakan komponen untuk memberi efek anti pecah, dengan menggunakan komponen ini pembuatan benda fiberglass akan lebih kuat dan kokoh, khususnya bagian dalam benda.

 

  1. Talk

Talk merupakan komponen sebagai bahan pengisi dan penguat anti pecah bagian luar.

 

  1. Silicone rubber

Silicone rubber adalah sebagai bahan untuk membuat cetakan, cetakan yang dihasilkan adalah berupa karet silicone yang lentur.

 

  1. Mold release (anti lengket)

Untuk melapisi cetakan dengan bahan adonan, sehingga akan mempermudah melepaskan benda hasil cetakan dengan cetakannya.

 

Nah, di atas adalah penjelasan umum tentang fiberglass, lalu bagai mana Cara Modifikasi Body Motor Dengan Fiberglass ?

 

Oke, dibawah ini adalah penjelasan bagaimana Cara Modifikasi Body Motor Dengan Fiberglass:

 

Modifikasi sendiri merupakan proses menambah atau memperindah sesuatu tanpa mengurangi fungsi aslinya. Modifikasi sepeda motor sendiri ada beberapa jenis yaitu modifikasi mesin sepeda motor dan modifikasi body sepeda motor.

 

Modifikasi body motor berarti memperindah tampilan sepeda motor keluaran pabrik dengan model lain yang sesuai dengan keinginan Anda. Perubahan body sepeda motor biasanya meniru motor sport pabrikan yang sedang trend atau sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

 

Modifikasi Body Motor

 

Kenapa modifikasi body motor sangat di gemari oleh kalangan mereka yang hobi dengan sepeda motor, karena modifikasi body sepeda motor selain harganya yang terjangkau, hasilnya juga langsung nampak pada sepeda motor Anda, motor langsung mengalami perubahan yang signifikan.

 

Beda jika Anda yang hobi memodifikasi mesin, selain harus cari – cari sparepart yang sesuai dengan keinginan dan harus bongkar mesin yang pasti lebih ribet dan mengeluarkan biaya yg lebih banyak, jadi kebanyakan mereka lbih memilih memodifikasi body dulu barulah sembari berjalan memodifikasi mesin. Keuntungan lain jika Anda melakukan modifikasi pada body sepeda motor Anda, selain tampilannya yang lebih keren , motor Anda akan mempunyai ciri khas tersendiri dan mudah dikenali.

 

Modifikasi Body Motor

 

Untuk modifikasi body sepeda motor sendiri biasanya yang sering di gunakan adalah memakai bahan fiberglass. Kenapa modifikasi dengan menggunakan bahan fiberglass sangat di gemari oleh pecinta motor ? karena bahan fiberglass mempunyai banyak keunggulan antara lain yaitu tahan terhadap cuaca panas dan tahan terhadap hujan, Mudah dibentuk sesuai dengan bentuk body motor.

 

Beberapa modifikator kadang menggunakan kualitas cat maupun parnish yang jelek sehingga bodykit yang di buatnya kurang tahan lama, dalam jangka waktu beberapa bulan sudah mengalami retak-retak, beda dengan bodykit yang terbuat dari bahan fiberglass lebih kuat dan tahan lama.

 

Modifikasi bodykit dengan menggunakan fiberglass juga mempunyai harga yang beragam, semua tergantung kualitas, meskipun fiber itu tebal namun campurannya tidak sesuai maka fiber akan mudah pecah dan tidak tahan lama.

 

Modifikasi Body Motor

 

Fiber yang terlalu tebal juga tidak baik, karena semakin tebal fiber tersebut, akan menambah berat beban motor anda yang akan mempengaruhi kecepatan motor Anda yang menjadi lambat dan bisa berpengaruh borosnya bahan bakar, maka dari itu lihatlah barang terlebih dahulu lalu lihat harga, jangan tergiur dengan harga murah namun kualitasnya jelek.

 

Namun sebagai catatan bahwa modifikasi bodykit yang baik yaitu memodifikasi yang tidak mengurangi atau merubah secara berlebihan rangka asli sepeda motor. karena rangka asli sepeda motor merupakan bagian yang sangat vital yang bisa mempengaruhi kestabilan sepeda motor, hal ini dikarenakan kerangka body sepeda motor sudah di buat sedemikian rupa dengan hitungan yang begitu matang agar sepeda motor tetap stabil saat melaju kencang.

 

Banyak juga pertanyaan apakah pemasangan bodykit motor yang menyebabkan perubahan bentuk tidak melanggar aturan lalu lintas ? Selama modifikasi tersebut tidak merubah nomor rangka dan nomor mesin maka masih aman.

 

Berikut adalah tahap – tahap pembuatan bodykit dengan fiberglass:

  1. Membeli bahan – bahan di toko kimia, yaitu:
  • Resin bening / bukan bening 1 Kg Rp 50.000.
  • Katalis Rp 4000.
  • Pipet tetes (sebagai tempat meneteskan katalis ke dalam adonan resin) Rp 4000.
  • Matt atau serat kaca (setengah kilo) Rp 28000
  • Alas cetakan (bisa langsung menggunakan body sepeda motor dengan dialasi koran).

 

  1. Selanjutnya yaitu menyiapkan alat – alatnya :
  • Koran untuk alas.
  • Botol bekas buat tempat resin.
  • Pengaduk adonan resin dan katalis.
  • Kuas dengan ukuran secukupnya.
  • Gunting untuk memotong serat kacanya.

 

Berikut adalah cara modifikasi body sepeda motor menggunakan fiberglass:

  1. Siapkan alat – alat dan bahan diatas, kemudian buatlah adonan resin dan katalis kurang lebih setengah gelas resin + 15 tetes katalis.

 

  1. Oleskan sedikit saja pada cetakan, setelah itu timpa dengan serat kaca yang telah di potong – potong, kemudian timpa kembali dengan adonan resin dan katalis sembari di tekan dengan kuas hingga seratnya terlihat transparan.

Ulangi proses tersebut hingga 2 sampai 3 kali lapis (setiap lapisan tunggu sampai kering terlebih dahulu sekitar 2 jam, kemudian oles kembali). Semakin tebal akan semakin kuat, namun beban akan semakin bertambah.

Usahakan jangan terlalu lama menunggu adonan tersebut, kira – kira 10 menitan adonan akan cepat mengeras setelah tercampur dengan resin.

  1. Jika proses diatas sudah selesai, kemudian Anda bisa mendempulnya, Anda bisa membelinya di toko material.
  2. Kemudian untuk merapikan sisa – sisa fiber, Anda bisa melakukannya dengan gunting.

 

Catatan: Debu dan serat fiberglass dapat menyebabkan gatal – gatal dan sesak napas. Jadi pastikan Anda melakukan proses modifikasi di tempat yang terbuka dan lakukanlah serapih mungkin.

 

Baca Juga: distributor batik di solo

Tinggalkan komentar